the unforgettable adventure on flores island

from

Rp 13.215.000 / person

start

Labuan Bajo

finish

Maumere

12 PM

Based on 4 Pax

overview

Flores adalah rumah bagi hewan purba, Komodo. Tidak hanya itu pulau yang menjadi permata di Timur Indonesia ini juga mempesona dengan Danau Kelimutu, danau kawah yang memiliki tiga warna berbeda.

Selain keindahan alam, Flores juga kaya akan budaya Manggarai yang terawat hingga hari ini. Dalam perjalanan ini kamu akan diajak merasakan langsung kehidupan masyarakat lokal di kampung-kampung adat Todo, Bena, hingga Wologai.


Menjelajahi Flores dari ujung ke ujung merupakan pengalaman yang penuh, karena kamu akan menemukan beragam hal dari keindahan alam, kerajinan tenun yang dikelolah masyarakat lokal, sejarah yang tersimpan rapi, hingga keberagaman kebudayaan yang hidup berdampingan dengan tenang.

what's included

land transport

Transportasi dari bandara (Labuan Bajo) dan ke bandara (Maumere) selama trip dengan mobil ber-AC.

meal

Makanan selama perjalanan : Breakfast 5x, Lunch 5x, Dinner 5x.

tickets

Tiket masuk Taman Nasional Kelimutu dan semua destinasi wisata yang disebutkan.

accomodation

Sharing room 3 stars hotel (2 Pax - 5 Malam)

travel kit

Tumbler & Totebag Sejiva.Id

expert guide

Perjalanan ini dipandu seorang pemandu wisata lokal dan fasilitator Sejiva.

what's excluded

itinerary

labuan bajo - kampung todo - lingko lodok - ruteng

Selamat datang di pulau Flores!
Perhentian pertama adalah Labuan Bajo, setelah beristrahat sejenak, kamu akan memulai perjalanan ke Ruteng. Sepanjang jalan, kamu akan mengunjungi Kampung Tradisional Todo, salah satu kampung adat ini diakui sebagai asal mula kerajaan Manggarai sehingga. Di sini semua rumah yang ada, adalah rumah tradisional yang disebut Niang Wowang, bentuknya seperti kerucut dan ditutupi rotan. Kamu bisa belajar menenun bersama mama-mama penenun Setelah itu, mari singgah sejenak melihat Lingko Lodok Cancar, ini adalah persawahan masyarakat lokal Manggarai yang bentuknya seperti jaring Laba-Laba. Mengapa demikian? karena tradisi Manggarai dalam pembagian tanah yang adil. Lanjut, kamu akan diajak menikmati matahari terbenam dari sky terrace cafe sebelum makan malam dan istrahat.

ruteng - kampung aimere - kampung benda - bajawa

Hari kedua kamu akan melanjutkan perjalanan dari Ruteng ke Bajawa! Pagi hari, mari menikmati sejuknya udara Ruteng sembari bersepeda keliling kota kecil yang dingin ini, bertemu masyarakat lokal yang hendak ke kebun, ke pasar, pagi di Ruteng sungguh tenang. Setelah tur sepeda, kamu akan kembali ke hotel untuk sarapan dan bersiap melanjutkan perjalanan ke Bajawa Dlam perjalanan ini, kamu akan diajak melihat langsung produksi arak lokal Manggarai di kampung Aimere, dan mencoba arak lokal khas Manggarai jika berkenan Selanjutnya petualangan mu berlanjut menelusuri Kampung Tradisional Bena, salah satu perkampungan megalitikum yang terletak di puncak bukit. Kampung ini berada tepat di bawah gunung Ineria, sehingga masyarakat Bena percaya kampung mereka dilindungi oleh Yeta, dewa yang tinggal di gunung Inerie. Sore hari kamu bisa menikmatinya sembari menelusuri kota Bajawa.

bajawa - blue stone beach - kampung wologai - kampung moni

Perjalanan hari ketiga akan dimulai dari Bajawa hingga ke Moni. Setelah sarapan, kamu akan memulai perjalanan ke Ende. Dalam perjalanan kamu akan singgah untuk makan siang di Blue Stone Beach Resto sembari menikmati keindahan pantai yang bebatuan di tepi pantainya berwarna biru muda hingga tosca. Meninggalkan Blue Stone, perjalanan mu berlanjut ke Kampung Tradisional Wologai yang berusia sekitar 800 tahun, Kampung adat ini memiliki arsitektur bangunan berbentuk kerucut dan dibangun melingkar satu dengan lainnya, di bagian tengah kampung terdapat batu ceper yang digunakan sebagai altar untuk meletakan persembahan ketika upacara adat. Selepas Kampung Wologai, berikutnya kamu akan melanjutkan perjalanan hingga kampung Moni, sebuah kampung kecil di kaki pegunungan Kelimutu. Hari ini kamu akan beristrahat di salah satu hotel di kaki gunung Kelimutu.

danau kelimutu - pantai koka - lepo lerun - maumere

Hari keempat akan dimulai sedikit lebih pagi! Hari ini kamu akan menyambut matahari terbit dari ketinggian Kelimutu. Setelah itu kamu bisa melihat indahnya danau Kelimutu yang berwarna berbeda, danau ini adalah kawah gunung berapi Kelimutu. Turun dari Kelimutu, kamu bisa bersantai sejenak di hotel sebelum melanjutkan petualangan ke pantai Koka yang indah dan menikmati makan siang sea food yang enak. Selepas pantai Koka, kamu akan diajak ke Lepo Lerun, sebuah lokasi yang merupakan pusat konservasi tenun ikat Sikka yang diinisiasi oleh tokoh lokal Perempuan Sikka. Di sini, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan tenun ikat dan menyimak cerita tenun ikat Sikka. Meninggalkan Lepo Lerun di sore hari, perjalanan mu akan dilanjutkan hingga ke kota Maumere untuk beristrahat.

kampung wuring - anjo maumere - museum bekun blewut - gereja tua sikka

Selamat pagi! Setelah sarapan, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Kampung Wuring, salah satu kampung suku Bajo. Di sini kamu akan melihat perumahan di atas air, kamu bisa berjalan keliling kampung dan berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal sebelum melanjutkan perjalanan ke Anjo Maumere, sebuah restoran lokal yang menyajikan makanan khas Maumere. Setelah makan siang, kamu akan mengunjungi Museum Bekun Blewut, sebuah museum purbakala Flores dan sore harinya melihat Gereja tua Sikka yang dibangun pada tahun 1893. Setelah selesai kamu akan kembali ke kota Maumere untuk makan malam dan istrahat.

departure

Tak terasa tiba di akhir perjalanan di pulau Flores, setelah sarapan dan menyiapkan berbagai kebutuhan, tim Sejiva akan mengantar mu ke bandara Dalam perjalanan, kamu bisa berhenti untuk melihat dan membeli aneka oleh-oleh khas Flores untuk dijadikan hadiah bagi keluarga dan sahabat Semoga petualangan kali ini memberi dampak positif pada destinasi yang dikunjungi dan pengalaman yang tak terlupakan bagi kamu. Sampai jumpa lagi di petualangan Sejiva berikutnya!

you’ll love
this experience

alam

Menikmati keindahan alam Flores yang sangat memukau. Mulai dari persawahan yang berbentuk Laba-laba, pantai indah dengan bebatuan berwarna biru, gunung Kelimutu dan danau Kelimuti yang mempesona, Kampung di atas laut suku Bajo di Wuring, hingga lanskap pemandangan super cantik yang ditawarkan sepanjang perjalanan

teman baru

Berpetualang dalam perjalanan tak terlupakan bersama kawan-kawan dengan minat dan kepedulian yang sama terhadap masyarakat lokal, kebudayaan dan lingkungan.

budaya

Melihat lebih dekat dan merasakan langsung kebudayaan Flores yang masih hidup melalui konservasi Tenun Ikat Sikka, Kampung Tradisional Todo, Kampung Tradisional Bena, Kampung Tradisional Wologai hingga berinteraksi langsung dengan masyarakat adat yang menghidupi kampung-kampung tradisional di Flores.

Bergabunglah dengan kami dalam perjalanan yang luar biasa ini dan menjadi bagian dari gerakan #travelpositive!

contact us or book now for reservation

other experiences

Sebuah pengalaman transformatif yang menghubungkanmu dengan alam, budaya, dan masyarakat lokal. Kamu akan belajar tentang kearifan lokal, berinteraksi dengan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif. Impact Journey adalah cara baru berwisata yang meaningful, di mana kamu meninggalkan jejak positif dan menciptakan dampak berkelanjutan

Raja Ampat
Rp 10.950.000 / person
North Sumatra
Rp 9.675.000 / person
Sumba Island
Rp 9.335.000 / person

Ikut berpetualang dan jadikan liburanmu sebagai once in a lifetime experience yang bermakna

#travelpositive

our journal

Sebuah buku harian perjalanan sebagai tempat berbagi yang berisikan tentang kisah-kisah inspiratif, fakta menarik, pengembangan komunitas, pelestarian budaya, konservasi alam, dan tempat-tempat luar biasa.