Dalam era globalisasi dan mobilitas yang semakin tinggi, pariwisata menjadi sektor ekonomi yang kian berkembang pesat di banyak destinasi. Namun, pertumbuhan pariwisata yang tidak terkendali dapat memberikan dampak negatif terhadap komunitas lokal, budaya, dan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi pendekatan yang berkelanjutan, di mana masyarakat lokal mendapatkan manfaat secara langsung maupun tidak langsung dari industri pariwisata.
Tulisan ini membahas strategi yang diterapkan sebagai salah satu dari Core Values Sejiva yang berpihak pada masyarakat lokal untuk memastikan bahwa pendapatan dan manfaat ekonomi dari pariwisata mengalir ke masyarakat lokal, serta penerapan model pariwisata yang tidak hanya menguntungkan wisatawan, tetapi juga memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal.
strategi travel positive untuk masyarakat lokal

1. berpihak pada bisnis lokal
Mengedepankan kerjasama dengan bisnis lokal, termasuk akomodasi, transportasi, restoran, dan toko merupakan langkah penting untuk menjaga sebagian besar perputaran ekonomi tetap berada di dalam destinasi. Upaya ini bertujuan untuk mendukung kewirausahaan di kalangan masyarakat dengan mendorong untuk mendirikan dan mengelola bisnis yang berfokus pada sektor pariwisata. Selain itu, promosi dan penjualan kerajinan lokal dan produk artisan kepada para traveler juga menjadi sarana untuk menciptakan peluang ekonomi dan sekaligus melestarikan kerajinan tradisional.
2. community based tourism
Mendorong pembentukan inisiatif pariwisata berbasis komunitas adalah langkah penting untuk memastikan masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pariwisata. Dukungan terhadap inisiatif pariwisata berbasis komunitas juga berarti memberikan kesempatan masyarakat untuk terlibat secara langsung dan meraih manfaat dari kegiatan pariwisata. Upaya ini melibatkan dorongan terhadap pembentukan homestay, kuliner, travel, dan produk wisata lainnya yang menampilkan keunikan lokal.

3. praktik bisnis yang adil
Berpihak kepada masyarakat lokal, menghindari eksploitasi, dan menerapkan standar upah yang sesuai, serta perjanjian bisnis yang adil adalah prioritas utama.
4. pemberdayaan keterampilan
Merancang program pelatihan bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat sehingga menjadi lebih berkualitas dan menyediakan program pelatihan khusus bagi penduduk agar dapat memanfaatkan potensi yang ada di wilayahnya secara maksimal.

5. pengalaman pertanian dan kuliner
Mengembangkan konsep agriculture & culinary experience bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk menjual dan mengolah hasil pertanian. Konsep ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan diversifikasi pendapatan bagi masyarakat.
6. akses pasar untuk produk lokal
Memberikan bantuan kepada produsen dan pengrajin lokal untuk mendapatkan akses ke pasar yang lebih luas, termasuk memberi mereka kesempatan untuk menjual produk mereka kepada traveler.
saatnya merubah gaya traveling dengan cara baru
Melalui pendekatan komprehensif, Sejiva menerapkan model pariwisata yang tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat lokal secara keseluruhan.
Marilah kita bersama-sama merubah gaya traveling kita yang dapat mensejahterakan serta meningkatkan perekonomian lokal untuk membangun masa depan yang berkelanjutan bagi semua pihak.
Jangan lupa share artikel ini untuk teman-teman kamu ya!